Thursday, January 10, 2013

Kasih Allah Yang Sempurna | The Perfect Love Of God

Indo

Pembacaan Alkitab: 1Yohanes 4

Firman Tuhan banyak mengajarkan kepada kita akan karakter Tuhan, Allah kita, agar kita dapat menjadi makin seperti Tuhan Yesus Kristus. Dan di dalam pasal ini kita belajar bahwa Allah adalah kasih dan kasih Allah itu sempurna. Bila kita mengenal kasih dan memiliki kasih, maka kita mengenal Tuhan dan Tuhan tinggal di dalam kita. Tetapi tidaklah mudah untuk kita memiliki kasih Tuhan di dalam kehidupan kita ini, terutama karena kedegilan hati kita, kehidupan dunia yang penuh dengan dosa dan kecemaran dunia yang merajalela dan yang menjadi makanan kita sehari-hari. Tetapi tidak berarti hal ini mustahil, sebab bersama dengan Tuhan, hal apa yang mustahil? Untuk kita dapat mengenal dan memiliki kasih, kita perlu tahu akan kasih dan mengalaminya. Firman Tuhan berkata bahwa kasih itu adalah bahwa Tuhan telah lebih dahulu mengasihi kita  dan bukan kita yang mengasihi Allah. Dan karena kasih yang kita terima dan alami ini, begitu juga kita patut mengasihi. Dan kasih yang kita terima dan alami dari Tuhan itu berdasarkan dengan iman sebab kita tidak pernah melihat Tuhan dan dengan demikian juga kita mengasihi sesama kita dengan iman. Dikatakan pula bahwa kasih Tuhan itu sempurna dan di dalam kasih yang sempurna ini tidak ada ketakutan, sebab kita dengan yakin percaya bahwa kita memiliki kehidupan kekal dan tidak akan takut pada hari penghakiman. Ada dua hal yang dapat kita pelajari akan kasih ini, yakni bahwa kasih berdasarkan iman dan di dalam kasih tidak ada ketakutan. Tetapi bagaimana kita tahu dalam kehidupan kita sehari-harinya?

Yang pertama: Kasih berdasarkan iman. Tuhan mengasihi kita lebih dahulu tanpa menunggu kita bertobat atau mau mengikuti Tuhan dahulu dan ini menunjukkan bahwa Tuhan mengasihi kita sebab Ia tidak melihat kehidupan kita yang sekarang, tetapi Ia melihat kehidupan kita yang pada awalnya Ia telah ciptakan, yang sempurna bersama dengan Dia. Sebab bila kita yang lebih dahulu mengasihi Tuhan lalu baru Tuhan mengasihi kita, maka kasih Tuhan tidaklah tanpa kondisi, tetapi penuh dengan kondisi. Sedangkan kasih yang penuh dengan kondisi adalah kasih yang kita, sebagai manusia, lebih condong untuk miliki. Dan kita dapat merasakan betapa luar biasanya kasih Tuhan itu, sebab kasih-Nya bukan berdasarkan akan apa yang kita buat atau lakukan, tetapi memang Ia mengasihi kita. Dan dengan kasih yang seperti inilah kita perlu hidup dan mengasihi sesama kita. Yakni kita tidak lagi melihat kesalahan orang dan membenci mereka, tetapi kita mengasihi mereka karena kita melihat dan percaya dengan iman bahwa mereka juga adalah orang-orang yang sempurna, baik bersama Tuhan. Jadi, bukan lagi kasih yang penuh dengan kondisi, yang terbatas akan apa yang kita lihat, yang kita rasakan, yang kita dengar, tetapi kasih berdasarkan iman bahwa mereka semua adalah ciptaan Tuhan yang sempurna dan kita melihat mereka pada akhirnya ketika kita hidup bersama Tuhan dan bukan sekarang saat mereka masih di dunia. Dan bila semua orang percaya memiliki kasih Allah ini, yakni kasih yang berdasarkan dengan iman, maka gereja akan bersatu dan dunia akan goncang melihat kasih yang begitu luar biasa dan kemuliaan Tuhan akan terpancarkan di seluruh dunia.

Yang kedua: Di dalam kasih tidak ada ketakutan. Secara praktikal dalam kehidupan kita sehari-hari, kita perlu percaya bahwa kita memiliki kehidupan kekal. Yakni, kita perlu percaya dengan yakin bahwa kita kehidupan kita akan berkecukupan, tidak akan kekurangan di dalam masalah pekerjaan, uang, makanan, pakaian dan tempat tinggal. Terutama karena kita tahu bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara selagi kita menunggu Tuhan datang untuk kedua kalinya. Tetapi seringkali kita masih hidup seakan-akan hidup di dunia ini adalah segalanya, sehingga kita selalu khawatir akan bagaimana bila kita tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarga, atau bagaimana bila kita tidak mendapat pekerjaan yang baik, atau bila kita tidak memiliki rumah, atau tidak cukup sehingga tidak dapat makan dan sebagainya. Memang, kehidupan di dunia ini memang dirundung oleh kesuraman dan tekanan bahwa kita harus sukses dan memiliki banyak uang agar dapat hidup dengan enak. Dan kita condong menajdi lupa bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara, tidaklah kekal. Yang perlu kita benar-benar perhatikan adalah kehidupan kita bersama dengan Tuhan. Dan bila kita memiliki kasih Tuhan di dalam kehidupan kita, maka kita tidak akan lagi takut, sebab kita tahu Tuhan yang kuasa akan mencukupi segala kebutuhan kita di dunia ini. Asalkan kita hidup di dalam perlindungan-Nya, bersandar kepada-Nya dan sesuai dengan Firman-Firman-Nya.

Oleh sebab itu, biarlah kita mulai rubah cara kita mengerti kasih, sebab kasih yang sesungguhnya berdasarkan dengan iman dan berasal dari Allah dan bukan kasih manusia yang terbatasi dengan apa yang kita lihat, dengar dan rasakan. Maka dari itu dikatakan bahwa kasih Tuhan jauh melebihi tingginya langit, lebih dalam dari lautan, lebih lebar dari bumi dan bahkan lebih lebar dari seluruh angkasa, sebab kasih itu sempurna. Dan setelah kita mendapatkan pengertian baru akan kasih, baru kita dapat mempraktekannya di dalam kehidupan kita sehari-harinya dengan mengasihi keluarga kita, sesama kita, teman sekerja kita, dan seluruh umat manusia seperti Tuhan mengasihi kita. Dan biarlah kasih Tuhan itu memberikan kita keyakinan agar tidak ada lagi ketakutan di dalam kehidupan kita.


English

Bible Reading: 1John 4

The Word of God has taught a lot to us about the character of the Lord, our God, so that we may become more and more like the Lord Jesus Christ. And in this chapter we learn that the Lord is love and the love of God is perfect. If we know that love and have that love, then we know the Lord and the Lord is in us. But it is not easy to have the love of God in our lives, especially because of our hardened hearts, life of the world which is full of sin and corruption of the world which spreads and that becomes our food every day. But this does not mean that it is impossible, for with God what is impossible? For us to know and have love, we need to know of that love and experience it first. The Word of God says that love is that the Lord has loved us first and not that we have first loved God. And because of this love that we receive and experience, we should also love others the same. And the love that we receive and experience from the Lord is based on faith because we have never seen God and so we should love others with faith. It is also said that the love of God is perfect and in this perfect love, there is no fear, for we believe strongly that we have an eternal life and do not afraid of the judgment day. There are two things that we can learn from love, that love is based on faith and that in love there is no fear. But how do we know in our daily lives?

Firstly: Love is based on faith. The Lord loved us first without waiting for us to repent or want to follow the Lord first and this shows that the Lord loved us not because He saw our current lives, but He saw our lives in the beginning where He has created us perfect with Him. For if we first loved Him and then the Lord loves us, then the love of God is not unconditional, but it is based on condition. But love that is full of condition is our love, the love that we as human tend to have. And we can feel how amazing the love of God is because His love is not based on what we do, but He just loves us. And with this kind of love we need to live and love others. That is, we no longer look at the faults of men and hate them, but we love them because we see and believe by faith that they too are perfect and good with God. So, no longer love that is based on conditions, that is limited on what we see, feel and hear, but it is love that is based on faith that they all are creation of God who is perfect and we see them at the end when we live together with the Lord and not while they are here on earth. And if everyone has this love of God, that is the love that is based on faith, then churches will become one and the world will be shaken because they see such an amazing love and the glory of God will shine throughout the earth.

Secondly: In love there is no fear. Practically, in our lives we need to believe that we have an eternal life. That s, we need to believe for sure that our lives will be enough, will not lack in terms of work, finance, food, clothes and home. Especially because we know that life on earth is just temporary while we wait for the Lord to come for the second time. But many times we still live as if the life in this world is everything, that we tend to always worry of what if we cannot sufficiently support the needs of our families, or what if we cannot get the best job, or if we do not have a house, or lacking that we cannot eat and many more. Life on this earth is surrounded by corruption and pressure that we have to be success and have lots of money so that we may live comfortably. And we tend to forget that life on this earth is just temporary and not eternal. What we really need to look after is our live with God. And if we have the love of God in our lives, we will no longer be afraid, because we know that the Lord is powerful and is able to fulfill every need that we have on this earth. As long as we dwell in His protection, rely on Him and according to His Words.

Therefore, let us start to change our mindset about love, for real love is based on faith and from God and not from men which is limited by what we see, hear and feel. That is why it is said that the love of God is far higher than the heavens, deeper than the seas and wider than the earth or even the universe, for love is perfect. And after we have new understanding of love, then we can practice it in our every day lives by loving our families, friends, colleagues, and all mankind just as the Lord loves us. And let that love of God gives us the assurance and belief that there is no more fear in our lives.

1 comment:

  1. Allah tidak pernah berubah demikian juga dengan kasihnya.
    Pengorbanannya luar biasa di kayu salib.
    Itulah yang menjadi contoh bagi kita zaman sekarang untuk menjadi jemaat yang saling mengasihi.
    Ada yang kita korbankan saat mengasihi orang lain sehingga dunia ini menjadi lebih baik.
    Hanya rendahkanlah hati ini....
    Salam kasih
    menang BERSAMA
    hidup adalah PERJUANGAN

    ReplyDelete