Tuesday, April 24, 2012

Menghakimi Orang | Judging Others

Indo

Pembacaan Alkitab: Roma 2

Paulus mengatakan suatu kalimat yang sangat benar dan berlaku untuk kita semua dan untuk segala bangsa, umur dan suku. Paulus berkata bahwa bila kita menghakimi orang lain, kita juga sedang menghakimi diri sendiri, dan ini adalah hal yang yang sangat benar. Sebab sebagai manusia, kita memiliki kecondongan untuk mengalihkan perhatian kepada kesalahan orang lain daripada kesalahan diri kita sendiri. Bila ada orang lain yang juga melakukan kesalahan yang sama atau serupa dengan kita, maka lebih mudah untuk kita menuding dan menghakimi orang itu daripada kita harus jujur, terbuka dan mengakui kesalahan kita. Paulus mengerti akan sifat manusia sehingga ia menuliskan hal ini agar kita sadar akan kebiasaan kita dan agar kita berhenti menghakimi orang lain.

Jadi, biarlah Firman ini mengingatkan kita agar jika kita ingin menghakimi orang lain, biarlah kita berhenti dan periksa diri sendiri kita lebih dahulu. Dan marilah kita bukan menghakimi, tetapi justru menasihati dan menegur dengan kasih. Sebab menghakimi itu untuk menjatuhkan sedangkan menasihati dan menegur dengan kasih itu untuk membangun. Maka dari itu, gantilah sifat kita yang suka menghakimi dengan sifat yang suka menasihati dan menegur dengan kasih.


ENglish

Bible Reading: Romans 2

Paul said one sentence which is so true and valid for all of us and for all nation, age and tribe. Paul said that if we judge others, we are also judging ourselves, and this is true. As human, we tend to switch attention unto the fault of others insted of our own. If there is another person who has done similar faults to us, then it is easier to just point and judge that person instead of us beign honest, open and admitting our fault. Paul understands this attitude of men such that he wrote this truth so that we realise of our habits and so that we would stop judging others.

So let this Word reminds us so that when we want to judge others, let us stop and check ourselves first. And let us not judge, but give advice and rebuke in love. Because judging are discouraging while giving advice and rebuking in love are encouraging. Therefore change this attitude of ours which likes to judge others with the attitude which likes to give advice and rebuke in love.

No comments:

Post a Comment