Sunday, April 1, 2012

Masa-Masa Kelam | Times Of Darkness

Indo

Pembacaan Alkitab: Mazmur 21-22

Terkadang kita merasa bahwa Tuhan itu tidak mendengarkan doa atau seruan kita. Terkadang kita mungkin merasa bahwa Tuhan tidak peduli akan kesengsaraan kita. Terkadang juga kita dapat merasa bahwa Tuhan jauh daripada kita dan kita tidak ada ketenangan dan kedamaian yang ada di dalam Tuhan Yesus Kristus. Hal ini bukan hanya kita saja yang mengalami, tetapi Daud dan bahkan Yesuspun mengalami masa di mana sepertinya Tuhan itu jauh dan tidak menjawab. Mazmur ini menunjukkan bahwa Daud pernah melewati masa-masa ini. Yesus sendiripun, ketika Ia mau ditangkap dan sampai pada akhir dari hidupnya di kayu salib, sebelum Ia bangkit kembali, Ia merasa sepertinya sangat berat dan tidak ada damai dan ketenangan.

Seperti yang dilalui oleh Daud, Yesus dan banyak orang percaya, ada kalanya di mana kita memang sedang melalui lembah-lembah kekelaman. Tetapi sebenarnya di saat-saat seperti itu, iman kita diuji. Apakah benar kita percaya akan Firman Tuhan yang berkata bahwa di dalam Tuhan ada damai dan sukacita? Apakah benar kita percaya kepada Firman Tuhan dan bukan hanya karena berkat-Nya? Apakah benar kita memiliki iman? Sebab iman bukan karena kita merasakan dahulu apa yang baik, tetapi iman itu percaya dan berharap akan apa yang akan terjadi, akan Firman Tuhan yang mutlak. Bila Firman Tuhan berkata bahwa Ia adalah kasih, maka Tuhan adalah kasih. Mau bagaimanapun situasi atau kondisi kita, Tuhan tetap kasih dan walaupun kita tidak merasakannya, atau merasa Tuhan tidak peduli, kita tetap percaya dan beriman bahwa Tuhan adalah kasih.

Oleh sebab itu, bila kita sedang melewati- hari-hari di mana kita merasa Tuhan jauh, atau tidak mendengar, justru di saat itulah iman dan pengharapan kita kepada Firman Tuhan dan Tuhan sendiri, diuji. Dan Tuhan yang akan pada akhirnya menunjukkan kasih karunia-Nya untuk melegakan, melepaskan dan menolong kita. Maka itu, biarlah kita isi kehidupan kita dengan Firman Tuhan dan iman yang berdasarkan Firman Tuhan yang mutlak dan bukan karena berkat atau kebaikan.


English

Bible Reading: Psalm 21-22

Sometimes we feel as if the Lord do not hear our prayers or cries. Sometimes we might feel that the Lord do not care of our sufferings. Sometimes we may also feel that the Lord is far away and we have no peace which is in the Lord Jesus Christ. This do not only happen to us, but David and even Jesus Himself experience these times where it seems as if the Lord is far away and do not answer. This psalm shows that David had gone through these times. Jesus Himself, when He was about to be captured until the end of His life on the cross, before He rose again, He felt heavy and no peace.

Just as what David, Jesus and many believers go through, there are times when we are going through the valleys of death. But in fact, these times are where our faith is tested. Do we really believe in the Word of God which says that in the Lord there is peace and joy? Do we really believe in the Word of God and not only because of His blessings? Do we really have faith? Because faith is not something that we have because we have experienced what is good first, but faith is believing and hoping on what will happen, on the absolute truth of the Word of God. If the Word of God says that He is love, then the Lord is love. No matter the condition or situation we're in, the Lord is love and even though we don't feel it or feel as if the Lord do not care, we still believe and have faith that the Lord is love.

Therefore, if we are going through days where we feel that the Lord is far away, or do not hear, this is in fact a time where our faith and hope to the Word of God and the Lord Himself is tested. And the Lord will, in the end, show His love and mercy to relieve, deliver and help us. So, let us fill our lives with the Word of God and faith that is based on the absolute truth of the Word of God and not because of blessings or goodness.

No comments:

Post a Comment