Thursday, April 26, 2012

Kehidupan Manusia | Human's Life

Indo

Pembacaan Alkitab: Roma 3

Paulus dengan teliti menjelaskan bahwa manusia tidak ada yang benar. Semuanya telah berdosa terhadap Allah. Ditambah lagi akan lingkungan yang juga tidak benar dan pengajaran yang tidak benar, maka Paulus dapat menjelaskan akan bobroknya kehidupan manusia. Dan jika ada begitu banyak hal yang tidak benar dan tidak baik di dalam manusia, bukankah ketika kita menerima keselamatan oleh karena iman kepada Tuhan Yesus Kristus, kita masih memiliki kebiasaan yang sama? Hal yang secara langsung berubah adalah bahwa semua dosa ktia dihapuskan oleh Tuhan dan dilupakannya dan setiap harinya melalui Firman-Nya, pikiran dan hati kita diperbaharui. Tetapi sifat dan kebiasaan buruk kita masih ada, sebab bila semua itu secara langsung Tuhan ubah, menjadi baik, bukankah itu sama saja dengan kita seperti robot yang diprogram ulang? Justru Tuhan ingin agar kita terus mencari Tuhan, membaca, merenungkan dan melakukan Firman-Nya, dan berdoa kepada-Nya agar pikiran kita dan hati kita diperbaharui setiap hari. Sehingga makin hari, kita makin mengenal apa yang sesuai dengan Firman Tuhan dan apa yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan. Jadi, janganlah kita anggap bahwa sifat, karakter dan kebiasaan kita akan berubah 100% menjadi baik secara otomatis ketika kita menerima Tuhan Yesus Kristus. Tetapi dengan menerima Tuhan Yesus Kristus dan Firman-Nya, kita menjadi lebih sadar akan yang baik dan tidak baik, benar dan tidak benar, sehingga kita dapat memilih untuk melakukan yang baik dan benar. Dan tidak semua orang selalu memilih yang baik dan benar, dan tidak semua orang mengisi kehidupan mereka dengan Firman Tuhan yang mengajarkan kita akan apa yang baik dan benar dan yang memperbaharui pikiran dan hati kita.

Oleh karena itu, marilah kita terus isi kehidupan kita dengan Firman Tuhan agar kita makin dibaharui dalam pikiran dan hati kita. Dan biarlah kita bersandar kepada Tuhan dan Roh Kudus-Nya agar kita selalu diingatkan akan Firman Tuhan dan memilih apa yang baik dan benar. Dengan mengetahui hal ini, biarlah kita tidak menuntut semua orang yang percaya kepada Tuhan untuk dapat 100% jadi orang yang baik dan benar, tetapi apa yang mereka masih kurang, kita dapat membangun, menasihati, menegur dengan kasih dan apa yang kita masih kurang, kita dapat belajar dari mereka juga. Dengan begitu kita sebagai sesama orang percaya tidak saling menghakimi, tetapi justru saling membangun satu dan yang lain sebagai satu tubuh Kristus.


English

Bible Reading: Romans 3

Paul explains with care of how there is no men who are righteous. All have sinned before the Lord. In addition, there is also the surroundings and teachings which as not right, that's why Paul is able to explain of how ruined man's life is. And if there are so many things that is not righteous and not good in a man, do we not still have all the bad habits, when we receive salvation in the Lord Jesus Christ by faith? The immediate thing that changed was that all of our sins are wiped away by the Lord and are forgotten and every day through His Words, our hearts and minds are renewed. But our bad habits and attitudes still exist, because if all that were to be immediately changed into what is good, wouldn't we be the same as a robot that is re-programmed? The Lord wants us to keep on seeking Him, reading, meditating and doing the Word of God and praying to Him so that our minds and hearts are reneewd everyday. So that each day, we know more of what is according to the Word of God and what is not. So, do not think that our attitudes, characters and bad habits are 100% changed into godo automatically when we receive Jesus Christ. But by receiving the Lord Jesus Christ and His Words, we realise on what is good and not good, on what is right and not right, so that we may be able to choose and do what is good and right. And not everyone chooses what is right and good all the time and not everyone fills their lives with the Word of God which teaches us on what is good and right and which also renews our minds and hearts.

Therefore, let us keep on filling our lives with the Word of God so that we are renewed more and more in our minds and hearts. And let us rely on the Lord and His Holy Spirit so that we would always be reminded of the Word of God and to choose what is right and good. By knowing this, let us not demand every believer to be able to become 100% a good and righteous person, but what they still lack, we can encourage, advise, rebuke with love and what we still lack, we can learn from them too. This way, we as believers do not judge one another, but we are edifying and building each other up as one body of Christ.

No comments:

Post a Comment