Sunday, April 8, 2012

Mengaku Dosa | Confessing Sin

Indo

Pembacaan Alkitab: Mazmur 31-32

Daud memberikan kepada kita suatu ajaran hidup yang sangat penting. Daud ajarkan agar kita tidak berdiam diri dan hanya mengeluh, tetapi ia ajarkan agar kita mengaku akan dosa-dosa dan pelanggaran kita di hadapan Tuhan. Sebab bila kita hanya berdiam diri, tidak mengaku akan dosa-dosa kita, maka kita tidak mengalami pengampunan Tuhan dan juga kita condong untuk hanya mengeluh. Dan bila kita mengeluh terus-menerus, maka tulang-tulang kita akan menjadi lesu dan itu membuat kita menjadi sakit-sakitan. Tetapi bila kita mengaku di hadapan Tuhan akan dosa dan pelanggaran kita, maka Tuhan yang telah mati untuk kita, akan mengampuni dan darah-Nya yang tercurah akan menghapus dosa itu. Sebab Tuhan tidak memperhitungkannya dan Tuhan bahkan ingin agar kita lepas dari ikatan dosa dan dapat hidup di dalam anugrah dan hadirat-Nya.

Mungkin kita tdak sadar akan dosa apa yang telah kita lakukan, atau pelanggaran apa yang telah kita perbuat. Atau mungkin kita tahu, tetapi kita memilih untuk mengeluh dna menyalahkan hal-hal atau orang lain sehingga kita tidak mau mengakui bahwa memang kita yang salah atau telah berdosa di hadapan Tuhan. Bila kita sering melakukan hal ini, biarlah kita belajar dari Daud dan berhenti mengeluh, menyalahkan orang lain atau hal lain dan mulailah jujur di hadapan Tuhan, mengakui segala pelanggaran dan dosa kita. Dengan begitu kita akan mnengalami kasih setia Tuhan dan bukan sakit-sakitan. Biarlah kita ingat akan Firman Tuhan dan ajaran Daud ini ketika kita mulai mengeluh oleh karena akibat dosa atau pelanggaran kita sendiri.

Terpujilah Tuhan yang selalu mengampuni kita yang dengan sungguh-sungugh bertobat dan mengaku dosa dan pelanggaran!


English

Bible Reading: Psalm 31-32

David gave us an important life's teaching. David taught us to not stay silent and only groan and complains all day, but he taught us to confess of our sins and transgressions before the Lord. Because if we only stay silent and do not confess of our sins, then we do not experience the Lord's forgiveness and we tend to only groan and complains. and if we keep on complaining, then our bones will grow old and it will make us sick. But if we confess before the Lord of our sins and transgressions, then the Lord, who died for us, will forgive and His blood that was poured will washed away that sin. Because the Lord do not imputes it and He wantsso that we are free from the bondage of sins and can live in His grace and presence.

Maybe we don't realise of what sin or transgressions we made. Or maybe we know but chose to groan and complain and blame others such that we do not want to confess that we were wrong and have sinned before the Lord. If we do this often, then, let us learn from David and stop complaining and groaning, or blaming others and start being honest before the Lord, confessing all transgressions and sins. That way, we will experience the love and mercy of the Lord and not sicknesses. Let us remember of the Word of God and the teaching of David when we start to groan and complain because of our own sins or transgressions.

Blessed be the Lord who always forgives us who earnestly repent and confesses our sins and transgressions!

No comments:

Post a Comment