Thursday, March 31, 2011

Kutuk Dosa Keturunan

Kejadian 34

Yakub tadinya adalah seorang penipu. Kita tahu bahwa ia menipu kakanya sendiri dari hak kesulungan dan juga dari berkat anak sulung. Walaupun setelahnya ia tidak lagi menipu, dosa ini turun kepada anak-anaknya. Ketika Sikhem menodai dan menginginkan Dina sebagai istrinya, anak-anak Yakub menipu Sikehm dan ayahnya sehingga mereka memiliki kesempatan untuk balas dendam atas Dina.

Hal yang sama mungkin terjadi pada kita, yaitu ada dosa-dosa dari nenek moyang kita yang turun kepada kita, seperti dosa peniopuan yang turun dari Yakub kepada anak-anak-Nya. Oleh sebab itu, perlulah untuk kita doakan dan buang segala kutuk dosa keturunan yang ada atas kita. Berdoalah pada Tuhan agar Ia menunjukkan pada kita dosa-dosa apa saja yang turun dari nenek moyang kita, sehingga kita dapat bertobat, buang dan lepaskannya dari kehidupan kita. Bila perlu, kita juga dapat meminta seseorang untuk mendoakan kita. Tetapi yang penting adalah agar kita sadar dan tahu akan dosa keturunan itu dan biar kita lepas dari kutuk itu.

Satu hal lagi yang dapat kita lakukan adalah agar kitapun menjaga kehidupan kita di dalam Tuhan sehingga dosa-dosa kita tidak turun kepada anak-anak dan keuturunan kita. Jadi marilah kita hidup sesuai dengan Firman Tuhan dengan taat dan setia dan biarlah kita terus doakan anak-anak dan keturunan kita, sehingga mereka terlepas dari kutuk dosa keturunan.

No comments:

Post a Comment