Friday, March 25, 2011

Pengalaman Yakub

Kejadian 27-28

Pertama kali Tuhan berbicara kepada Yakub adalah setelah ayahnya memberkatinya dan setelah ia meninggalkan rumahnya. Dan kita lihat bahwa apa yang diberkati oleh Ishak kepada Yakub tentang janji Tuhan terhadap Abraham dan keturunannya, itu jugalah yang Tuhan janjikan kembali kepada Yakub. Dari sini kita dapat lihat bahwa berkat itu turun dari kepala kepada mereka yang dipimpin, dari Abraham kepada Ishak, Ishak kepada Yakub dan kepada seluruh keturunannya.

Jadi, sebagai kepala keluarga atau pemimpin janganlah kita menahan berkat itu kepada anak-anak kita, jemaat atau tim kita. Tetapi biarlah berkat apapun yang kita dapatkan dari Tuhan, kita salurkan kepada mereka yang kita pimpin. Dan ingatlah bahwa berkat itu bukan hanya hal-hal materi, tetapi kata-kata iman yang membawa berkat, pertumbuhan dan kekuatan. Berkat itu juga termasuk hikmat, pengajaran dan nasihat yang kita alami dan dapat diajarkan kepada mereka yang kita pimpin. Sungguh alangkah indahnya bila setiap hari kita memberkati orang-orang yang kita pimpin, dan lebih dari itu, orang-orang di sekitar kita juga perlu kita berkati.

Dari kejadian di atas, satu hal lain yang juga dapat kita pelajari adalah bahwa Tuhan mulai berbicara kepada kita, bila kita mulai ambil tindakan iman dan keluar dari tempat kenyamanan kita. Seperti Yakub yang meninggalkan rumahnya, tempat di mana ia merasa aman, tenang dan tidak perlu khawatir akan apapun juga, sebab ia memiliki segalanya. Tetapi ia meninggalkannya dan Tuhanpun berbicara kepadanya.

Bila kita tidak meninggalkan tempat kenyamanan kita, bila kita tidak merasakan kesusahan, kesulitan, masalah dan rintangan, maka kita tidak akan mengerti kehebatan, kemurahan, kasih dan kuasa Tuhan di dalam hidup kita. Dan semuanya ini agar kita dapat di bentuk sesuai seperti yang Tuhan telah tentukan.

Maka dari itu, marilah kita lepaskan segala yang membuat kita tidak berani maju dan tidak melangkah dalam iman.

No comments:

Post a Comment