Friday, March 29, 2013

Perselisihan Vs Pengampunan | Feud Vs Forgiveness

Indo

 

Pembacaan Alkitab: Kejadian 32-33

 

Yakub diperintahkan oleh Tuhan untuk pulang ke tanah Kanaan dan ia turut kepada Tuhan. Walaupun ia tahu Tuhan akan menjaga, tetapi sebagai manusia ia masih takut untuk pulang karena kakaknya Esau. Karena ia telah mencuri hak kesulungan dan berkat sulung dari Esau, Yakub takut bila bertemu dengan Esau, bahwa Esau akan membunuh dia dan keluarganya. Dalam keadaan seperti ini, Yakub berdoa kepada Tuhan dan setelahnya ia merencanakan bagaimana ia akan menemui Esau.  Yakub mengatur sedemikian rupa agar yang menemui Esau lebih dahulu adalah para pekerjanya dan kambing domba sebagai persembahan bagi Esau. Dan ketika mereka bertemu, Esau tidak mempermasalahkan hal-hal yang dulu, tetapi ia hanya senang dapat melepas rindu dengan adiknya. Dari sini kita dapat belajar bahwa bila ada perselisishan antar keluarga, dengan adanya Tuhan yang menjaga, dan dalam waktu-Nya yang tepat, maka hal-hal yang dulu sudah dilupakan dan yang terpenting adalah untuk adanya pendamaian. Jadi, biarlah kita melepas pengampunan bagi siapapun yang pernah menyakiti atau bersalah kepada kita. Biarlah kita juga minta ampun dan berdamai dengan siapapun yang pernah kita sakiti. Tentunya dengan hikmat dari Tuhan dan juga dalam waktu-Nya yang sempurna.

 

 

English

 

Bible Reading: Genesis 32-33

 

Jacob was commanded by the Lord to go back to the land of Canaan and he obeyed the Lord. Even though he knows the Lord will protect him, as human being, he still is afraid of going back because of his brother Esau.

  Because he has stole the birth right and blessing of the firstborn from Esau, Jacob is afraid that if he sees Esau, he will kill him and his family. In this situation, Jacob prayed to the Lord and afterwards he planned in such a way that Esau would meet his workers and his flock as offering to Esau first. And when they meet, Esau didn't care about all the things in the past, but he is lad that he can meet his brother again after so long. We can learn that if there are any feud between family, by having the Lord who takes care of us and in His appointed time, then all the things of the past has been forgotten and what is important as to have reconciliation. So, let us release forgiveness to whoever has hurt or wronged us. Let us also ask for forgiveness to those whom we have hurt. And of course with the wisdom from God and in His perfect time.

No comments:

Post a Comment